Site Links

Senin, 27 Maret 2023

Filled Under:

Berapakah Harga untuk Membangun Rumah Minimalis?

 


Rumah MinimalisPerbandingan ketika membangun dengan membeli rumah. Namun secara spesifik, ketika membangun rumah minimalis, masih terbilang lumayan mahal, walau tidak semahal rumah besar pastinya. Harga yang dikeluarkan akan bervariasi sesuai dengan beberapa faktor, seperti lokasi, luas tanah, ukuran rumah, desain, material bangunan, sampai ke tenaga kerja. 

Sebagai permulaan, kita akan membahas harga membangun rumah minimalis dengan tipe paling kecil, yaitu tipe 36. Berbeda dengan membeli rumah yang bisa dengan harga 50 juta ke bawah, seperti RISHA (Rumah Instant Sederhana Sehat) yang dikemukakan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) demi menjangkau harga untuk kalangan yang membutuhkan. 

Rumah minimalis tipe 36 adalah tipe rumah yang paling banyak dicari, laris, dan banyak peminatnya karena rumah yang dijual dengan murah dan sederhana. Bagi kamu yang ingin menghuni rumah yang minimalis dengan keluarga kecil kamu, rumah tipe 36 adalah rumah yang cocok bagimu untuk dihuni. 

Baca juga: Apa Saja Tipe Rumah Minimalis?

Apa Saja Harga untuk Tiap Tipe Rumah Minimalis?

Apa Tipe Rumah Minimalis yang Tepat bagi Penghuni Rumah Berkeluarga Kecil?

Berikut beberapa gambaran berapakah harga yang akan dikeluarkan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya untuk membangun rumah, khususnya untuk rumah minimalis tipe 36. 

  1. Lokasi Rumah

Lokasi yang strategis berarti lokasi yang dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah; pusat perbelanjaan, seperti warung ToSerbA, mall, dan sejenisnya; tempat kerja; maupun fasilitas umum lainnya. Beberapa lokasi rumah di perkotaan bisa lebih mahal dibanding lokasi pinggir kota, maupun di desa. 

  1. Ukuran Rumah beserta Luas Tanahnya

Ukuran rumah minimalis tercatat seluas antara 50 sampai 200 meter2. Dengan ini, tergantung pada luas rumah yang akan dibangun akan mempengaruhi harga yang akan dikeluarkan nanti. Semakin banyak material bangunan dan tenaga kerja yang dibutuhkan, akan semakin besar juga harga yang akan digunakan untuk rumah nanti dibangun. 

  1. Desain Eksterior dan Interior Rumah

Semakin elegan desain, pastinya semakin mahal untuk biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun rumah. Beberapa referensi rumah minimalis yang elegan ada yang cukup mahal, namun yang paling sederhana pastilah tidak semahal itu. Beberapa rumah yang memiliki fitur tambahan pasti juga akan mengeluarkan lebih banyak uang, seperti penambahan kolam renang, atau ruang interior atau eksterior lainnya. 

  1. Material Bangunan

Bahan bangunan yang akan digunakan dapat bervariasi tergantung dengan jenis-jenisnya, sampai pada kualitas material bangunan tersebut. Tercatat estimasi material bangunan dari seosatu.com, anggaran perkiraan pembelian material bisa hampir mencapai 30 juga untuk tipe 36. 

  1. Biaya Tenaga Kerja

Biaya yang akan dikeluarkan untuk para tenaga kerja pastinya berbeda di tiap daerah dan tingkat keterampilan para tenaga kerja untuk proyek bangunan tertentu. Diambil dari data tarif upah tukang bangunan di harga.web.id, total upah perhari di tahun 2022 lalu untuk seluruh jenis pekerja bangunan, seperti tukang gali, tukang batu, tukang besi, mandor, sampai ke tukang las mencapai lebih dari 3,5 juta. 

Di tahun 2023, bisa menaik akibat beberapa faktor, seperti tren rumah yang akan dibangun, sampai tingkat kesulitan rumah yang akan dibangun. Artinya, biaya yang akan dikeluarkan tiap waktunya berbeda, namun tidak akan semahal rumah besar pada umumnya. 

Kalau dihitung-hitung, dijumlahkan dengan seluruh aspek untuk membangun rumah minimalis tipe 36, bisa menghabiskan 150 juta lebih, namun tidak sampai 200 juta, tergantung pada varian tenaga kerja, material bangunan, dan lainnya. 

Baca juga: Apa Saja Kesalahan Umum Orang Awam dalam Membangun Rumah Minimalis?

Apa Saja Tips dalam Membangun Rumah Minimalis?


0 komentar:

Posting Komentar