Site Links

Senin, 03 April 2023

Filled Under:

Rumah Minimalis yang Paling Unik Ada di Negara Mana Saja?

 


Rumah Minimalis – Dengan kepopuleran rumah seperti ini, dengan banyak keuntungan untuk sang penghuni maupun pihak lain yang terlibat, rumah minimalis sudah tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Setiap negara pasti memiliki desain unik tersendiri yang menginspirasi yang lain. Namun, negara mana saja yang punya desain unik untuk rumah minimalis? 

  1. Jepang – Tsubo Niwa

Tsubo Niwa yang berarti “kebun luar” adalah rumah kecil dari Jepang yang nyaman dan efesien untuk dihuni. Keunikan dari rumah ini adalah rumah yang terbuka yang disertakan dengan taman atau kebun di tengah-tengah rumah tersebut. Ukuran yang tersedia hanya beberapa meter persegi. Taman tsubo diimplikasikan sebagai taman kecil yang terletak di tengah-tengah rumah minimalis ala Jepang. 

  1. Norwegia – Kabin Scandanavian

Desain rumah atau kabin ala Skandanavia adalah semua hal tentang garis-garis lurus yang rapih dan bersih, material bangunan yang bersih, dan desain yang minimalis dari interior dan eksterior. Dikarenakan asal rumah ini dari Norwegia yang mana tempat tersebut bersuhu dingin, rancangan rumah atau kabin Skandanavia dibangun untuk menahan suhu dingin ataupun panas ke dalam rumah. Sehingga kamu sebagai penghuni rumah tersebut akan merasa nyaman untuk tinggal sendiri, maupun dengan pasanganmu atau keluargamu. 

Baca juga: Bagaimana Tips Desain Rumah Minimalis dengan Tema Scandanavian?

  1. Amerika – Rumah Kotak

Rumah khas Amerika ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk kotak namun berdesain sederhana. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki rumah seperti ini, rumah ini tersedia dalam 2 lantai yang minimalis. Ruangan yang dimiliki rumah ini cukup luas dengan kombinasi dinding yang terbuat dari kayu batu dan batu bata dan dicat dengan warna yang soft. Walau begitu, rumah seperti ini belum tersedia di Indonesia. Akan tetapi, jika kamu berminat ingin membangun sendiri atau memiliki rancangan desain rumah seperti ini, rumah kotak ala Amerika akan menjadi rumah yang unik untuk kamu. 

  1. Jerman – Rumah Bauhaus

Rumah yang berciri-khas warna-warna primer (warna pokok, atau warna yang tidak tercampur warna lain) dan bentuk-bentuk geometrisnya yang unik dan sederhana, seperti bentuk lingkaran, kotak, segitiga, dan semacamnya, berfokus pada furnitur interior maupun eksterior rumah yang kemunculan awalnya dimulai di awal abad ke-20. Rumah Bauhaus secara umum memiliki desain yang minimalis dan juga fungsional dengan penggunaan bahan-bahan bangunan yang sederhana, seperti kayu, beton, dan kaca. Prinsip bangunan rumah Bauhaus adalah salah satu desain unik asal Jerman yang bisa menambah referensi rumah unik untukmu nanti. 

  1. Australia – Rumah Earthship

Walaupun desain rumah ini termasuk salah satu rumah minimalis yang sedikit langka untuk orang punya, namun desainnya tak kalah unik. Rumah yang strukturnya ideal untuk orang yang suka dengan desain natural atau alam karena bentuk rumah yang seperti goa. Material rumah Earthship ala Australia ini dibentuk dari lempengan batu-batu dengan desain dinding rumah kaca. Dalam beberapa kasus, rumah ini dibangun dari bahan baku daur ulang, seperti ban bekas, atau botol kaca yang diisi dengan tanah. Terlebih, rumah ini cocok untuk mengumpulkan air hujan karena dilengkapi dengan sistem penampungan air hujan, dan juga panel surya. 

  1. Indonesia – Rumah Joglo

Dari beberapa desain unik di negara lain, Indonesia juga punya rumah unik minimalis yang tak kalah bagus. Rumah joglo adalah asli Jawa Tengah yang mengkedepankan sisi minimalisnya juga. Desain yang terlihat seperti gunung yang atapnya menjulang tinggi mengerucut dibuat dari kayu yang mana hemat akan bahan bangunan. Walaupun ini rumah tradisional, tapi desain yang tersedia sudah banyak yang minimalis modern. Dengan begitu, kitapun bisa bangga akan keunikan desain rumah minimalis dari negara sendiri. 

  1. Kanada – Rumah Kontainer

Walau terdengar bekas, tapi rumah ini adalah salah satu yang unik yang berasal dari Kanada. Rumah kontainer memakai kontainer bekas yang dilengkapi beberapa fasilitas modern untuk memenuhi kebutuhan sang penghuni. Ide unik ini membuat rumah minimalis ini ramah lingkungan dibanding rumah-rumah konvensional. 

  1. India – Rumah Chhajja

Rumah unik terakhir ada di India, bernama rumah Chhajja. Yang membuat unik, salah satunya adalah bentuk atap rumahnya yang beragam dari atap rumah pada umumnya berbentuk segitiga, atap katedral, atap flat yang terbuka, sampai yang berbentuk heksagonal. Rumah dengan desain rumah Chhajja pada umumnya menjorok keluar yang akan mencegah sinar matahari masuk dan menghentikan air ujan masuk ke dalam ruangan. 

Baca juga: Bagaimana Desain Rumah Minimalis Modern?

Apa Rumah Minimalis itu Ramah Lingkungan?

Bagaimana Desain Terbaik di Dunia untuk Rumah Minimalis?


0 komentar:

Posting Komentar