Site Links

Sabtu, 08 April 2023

Filled Under:

Apa yang menjadi Populeritas bagi Rumah Minimalis di Jepang?




Rumah Minimalis- Saat ini rumah minimalis menjadi salah satu rumah yang sangat diminat oleh masyarakat sehingga banyak desain dan inspirasi rumah yang dapat digunakan untuk membuat rumah minimalis. Rumah minimalis yang sangat popular umumnya ada di beberapa negara dan dapat dijadikan inspirasi seperti Autralia, Denmark, Indonesia dan juga jepang. Salah satu hal yang membuat rumah minimalis banyak dimiliki adalah memilki desain yang simpel dan fungsional sehingga dapat memudahkan penghuni rumah untuk merawat rumah, rumah minimalis juga memiliki harga yang cenderung murah sehingga siapa pun dapat membeli atau membangun rumah minimalis dengan meminimalisir biaya yang dikerluarkan.


Rumah minimalis sangat menjadi popular dijepang karena beberapa alasan yaitu, pertama jepang adalah negara yang memiliki populasi yang padat serta memiliki lahan yang terbatas sehingga rumah minimalis menjadi pilihan yang tepat sehingga efisien untuk dibangun di jepang dengan lahan yang terbatas. Kedua, konsep yang diterapkan dijepang adalah “less is more” atau “kekurangan lebih” yang sangat diterapkan dalam budaya jepang sehingga menjadi ciri khas desain interior rumah minimalis. Ketiga, rumah minimalis sangat mudha dirawat sehingga rumah minimalis menjadi pilihan yang tepat untuk orang jepang yang memiliki kesibukan. Oleh karena itu, memudahkan penghuni rumah untuk merawat rumah minimalis. Selain itu, penggunaan material yang ramah lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam desain rumah minimalis, dari faktor ini ebuat rumah minimalis menjadi popular dijepang dilihat dari simbol gaya hidup dan sederhana.


Bentuk rumah minimalis dijepang yang sangat popular adalah “Minka”, rumah tradisional dijepang yang dibangun menggunakan bahan material alami sepeti kayu dan bamboo. Rumah ini di desain dengan atap yang dapat melindungi rumah dari salju, dan biasanya memiliki taman kecil didalamnya. “Wabi-Sabi” juga rumah yang sangat popular dijepang. Rumah ini dibangun menggunakan material yang alami yaitu kayu dan batu dengan warna alami sehingga menampilkan tampilan yang sederhan dan bersih sehingga tampak minimalis. Desain pada rumah ini menekankan pada kesederhanaan dan keharmonisan alami, karena material yang digunakan cenderung dengan bahan alami.


Desain rumah minimalis yang popular dijepang

Desain rumah minimalis dijepang yang popular adalah desain yang memiliki konsep sederhana, namun tetap elegan, fungsional, dan efisien. Berikut adalah ciri-ciri desain rumah minimalis dijepang:


  1. Material alami: desain rumah minimalis jepang menggunakan material alami seperti kayu, batu, dan bamboo untuk menciptakan kesan yang lebih tenang terhadap rumah.

  2. Interior minimalis: desain interior jepang sangat sederhana dan menggunakan pemilihan warna yang netral speerti putih, coklat muda, dan abu-abu. Pemilihan furnitur yang sederhana dan fungsional menjadi ciri khas rumah minimalis jepang.

  3. Tatami: tatami adalah alas tidur dijepang yang dibuat menggunakan bahan alami, bahan dasarnya yaitu jerapi yang dilapisi dengan kain. Desain rumah minimalis jepang menggunakan tatami sebagai alas tidur dan ruang keluarga.

  4. Shoji: shoji adalah jendela tradisional jepang yang terbuat dari bahan alami yaiti ketas washi dan kayu. Desain rumah minimalis jepang cenderung menggunakan shoji agar vahaya yang masuk kedalam rumah lebih maksimal.

  5. Taman kecil: desain rumah minimalis dijepang lengkapi oleh taman kecil yang menghadap kea rah rumah. Taman ini dihiasi oleh air mancur dan tanaman bonsai untuk memberikan kesan yang kebih damai dan tenang. 




0 komentar:

Posting Komentar